Kamis, 30 Mei 2013

Belajar Sketcup

Belajar Sketcup (1)

CHAPTER 1. INTRODUCTION
Program ini diciptakan oleh perusahaan google bertujuan untuk melakukan modelling atau penggambaran 3 dimensi secara mudah, cepat dengan hasil yang memuaskan. Tampilanya sendiri yang seperti tampilan window pada umumnya, membuat software ini mudah dioperasikan (user friendly ). Program ini bisa menjadi salah satu pilihan tepat bagi desainer, arsitek maupun praktisi konstruksi bukan hanya bagus dari sisi teknis, namun menguntungkan dari sudut biaya karena bisa diunduh secara gratis. Versi free yang tersedia dalam web site http://sketchup.google.com/ dan bisa di down load hanya Sketchup 7 ( SU7) sedangkan SU pro hanya untuk yang berbayar alias komersil.
Sebelum melakukan instalasi program sebaiknya cek dulu spesifikasi komputer dan operating system pada personal computer atau PC anda. Program ini hanya mendukung sistem operasional Windows XP, Windows Vista dan Mac OS x. Linux dan Windows 2000 tidak bisa digunakan untuk menjalankan program ini. Spesifikasi komputer yang direkomendasikan adalah 2+GHz processor, 2+GB RAM, 500MB harddisk free space.
1.1 INTERFACE
Seperti yang telah dijelaskan bahwa tampilan SU-7 seperti window pada umumnya, sehingga pengguna bisa melakukan pekerjaanya dengan mudah karena sudah terbiasa. Ada tiga kelompok perintah ( command ) dalam SU7 yaitu, menu bar dan toolbar. Susunan tersebut menunjukkan bahwa SU7 menggunakan graphical user interface dalam sistem operasinya. Artinya program ini dioperasikan melalui proses grafis atau gambar yang bisa dilihat langsung pada monitor.
Baris pertama adalah header berwarna biru dimana ada tulisan nama file yang diikuti dengan SktechUp. Kata Untitled menunjukkan file yang belum diberikan nama. Perintah Save akan mengubah nama sesuai dengan keinginan.
Baris kedua berisi menu utama yang terdiri atas pilihan File, Edit, View, Camera, Draw, Tools, Window, Plug ins, Help. Semua memiliki pilihan sub menu yang bisa dilihat saat anda klik menu – menu tersebut.
Baris ketiga berisi ikon toolbar Getting started yang berisikan select, line, rectangle, circle, arc, make component, eraser, tape measure, paint bucket, push/pull, move/copy, rotate, offset, orbit, pan, zoom, zoom extend, Get current view, toggle terrain, place model, get model, share model.
Baris keempat berisi ikon toolbar Standard yang terdiri atas new, open, save, cut, copy, paste, erase, undo, redo, print, model info.
Baris kelima berisi ikon toolbar View yang terdiri dari Iso,Top, Front, Right, Back, Left.
Dibawahnya ada display atau layar tempat menggambar obyek. Pada layar ini terlihat ada 3 sumbu utama yang berwarna merah, hijau, dan biru.
Dibawah layar sisi kanan bawah terdapat georeferencing, model author,Google sign in yang merupakan menu google earth.
Disebelah kanan menu google earth ini terdapat command info yang berisi keterangan langkah - langkah yang harus dilakukan pada saat sedang melakukan perintah penggambaran.
Pada ujung kanan bawah terdapat Input menu, yang bisa diisikan dengan angka dimensi obyek gambar tergantung dari obyek tersebut. Misalkan panjang untuk obyek garis, diameter untuk obyek lingkaran, dan sebagainya.
Sisi kiri display berisikan toolbar Drawing dan toolbar Construction. Masing-masing memiliki icon perintah yang berbeda sesuai dengan fungsinya.
1.2 DRAWING
Pada toolbar ini terdapat 6 instruksi ( command ) yaitu rectangle, circle, polygon, line, arc, freehand. Setiap instruksi tersebut memiliki fungsi yang berbeda.
Rectangle : digunakan untuk membuat bidang segi empat.
Circle : digunakan untuk membuat lingkaran.
Polygon : digunakan untuk membuat segi banyak ( lebih dari empat )
Line : digunakan untuk membuat garis
Arc : digunakan untuk menggambar busur
Menu
Freehand : digunakan untuk menggambar garis bebas.
Input Menu
Google earth menu
Info Bar
Modification
Construction
Drawing
View
Standard
Getting started
File name
Drawing
Construction
Display
View
Modification
Standard
Menu Bar
Getting started
con
Command info
Input Dimension
Google Earth
Gbr 1.1
1.3 CONSTRUCTION
Toolbar ini berisikan 6 instruksi atau perintah yang berupa icon untuk melakukan pengukuran obyek, sumbu, dimensi, dan text. Fungsi detail perintah tersebut adalah ;
Tape measure :Mengukur dimensi / panjang obyek
Protactor :Membuat sumbu imajiner / sumbu bantu
Axis :Merubah orientasi atau arah sumbu global.
Dimension :Membuat tulisan yang menunjukkan dimensi / ukuran pada obyek.
Text :Membuat keterangan tulisan
3D Text :Membuat keterangan tulisan 3 dimensi.
1.4 MODIFICATION
Toolbar ini memiliki 6 instruksi untuk melakukan modifikasi terhadap gambar yang telah dibuat maupun yang sedang dalam proses modelling.
Move :Memindahkan obyek dari suatu tempat ke tempat lain.
Rotate :Memutar obyek dengan sudut tertentu.
Scale :Memperbesar atau memperkecil obyek
Push/Pull :Mempertebal atau menipiskan permukaan obyek ( surface)
Follow me :Membuat bidang dengan acuan tertentu sesuai arahnya
Offset :Menambah atau mengurangi luasan surface obyek
Selain toolbar diatas, masih ada beberapa tambahan yang dapat dilihat pada View-Toolbar- Option.
1.5 SISTEM KOORDINAT DAN SATUAN
SU7 memiliki sistem koordinat 3 dimensi dengan kode warna. Sumbu global X,Y,Z digambarkan dengan warna merah,hijau,biru. Penentuan ketiga axis ini menggunakan kaidah tangan kanan, dimana ibu jari mewakili sumbu X, telunjuk menandai sumbu Y dan jari tengah kearah Z. Sumbu positif masing – masing sumbu ditandai dengan arah jari-jari tersebut. Sumbu X ditandai dengan garis lurus warna merah sedangkan sumbu X negatif ditandai dengan garis merah putus-putus. Demikian halnya dengan sumbu koordinat lainya. Bidang bawah ditandai dengan sumbu merah dan hijau. Pada saat melakukan modeling, yang perlu diperhatikan adalah penentuan muka obyek. Hal ini penting dikarenakan semua view obyek akan mengikuti pembagian bidang gambar
Dalam setiap proram drawing selalu mempunyai satuan baik british standard ( feet, inch ) maupun American standard (meter, cm,mm ). Pertama kali membuka program SU7 akan muncul jendela Welcome to SketchUp seperti gambar 1.2. Pilih tombol Choose Tempalate akan muncul dibawahnya template selection yang bisa dipilih. Pilihan ini berisikan kelompok desain dan satuan yang digunakan antara lain :
1. Simple template-Feet and inches.
2. Simple template – meter.
3. Architectural design – feet and inches.
4. Architectural design – meter.
5. Architectural design – millimeter.
6. Google earth modeling – feet and inches.
7. Google earth modeling – meter.
8. Engineering – Feet.
9. Engineering – meter.
10. Product design and woodworking – feet and inches.
11.Product design and woodworking – millimeter.
12. Plan view – Feet and inches.
13. Plan view – Meter.
Penulis menyarankan untuk memilih template selection ini sesuai kebutuhan desain. Hal yang juga penting adalah, anda harus konsekuen dalam penggunaan satuan dari mulai awal hingga akhir modelling. Artinya apabila memakai satuan meter untuk satu gambar, maka semua obyek dalam gambar tersebut harus dalam satuan meter. Memang ada fasilitas untuk memperbesar maupun memperkecil obyek, namun akan lebih efisien lagi jika melakukan konversi satuan di awal penggambaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar