Kamis, 30 Mei 2013

Desain Rumah Minimalis dan kontruksi bangunan


Facade pada sebuah rumah laksana wajah pada manusia. Kehadiranya begitu penting sehingga untuk membuatnya diperlukan rencana yang matang dan bagus bukan hanya saat ini saja namun dimasa yang akan datang.

Mengikuti perkembangan arsitektur kekinian yang terus berubah seiring tren perkembangan jaman. Model tampak depan khususnya perubahan tiap tahun berganti model seperti juga fashion, rambut dan semua hal yang mendukung penampilan.

Benar, masa kini penampilan adalah hal utama.  Kita sudah dipaksa untuk menilai sesuatu dari bungkus, cover atau wajahnya terlebih dahulu.
Khusus untuk sebuah hunian, tampak depan merupakan representasi, kelas ekonomi bahkan gengsi pemiliknya. Karena itu tidak heran jika banyak pemilik rumah yang menata ulang bahkan melakukan renovasi dibagian depan.

Apabila anda terlanjur membuat rumah namun belum atau bingung menemukan model yang cocok, maka menenemui seorang desainer atau arsitek. Jasa desain ini akan menggali keinginan-keinginan anda, harapan, impian dan semua hal yang ingin anda tuangkan pada rumah anda. Nah, desainer inilah yang akan mengaktualisasikan hal itu pada rumah Anda secara proporsional tentu saja.


Sebuah sampel desain sederhana diatas adalah bukti bahwa desain fasad bisa saja dilakukan pada saat anda menemui kebuntuan dalam membuat rumah. Desain ini kami lakukan pada saat fisik bangunan mencapai 80%, dimana pemilik rumah belum mempunyai desain yang pas. Akhirnya setelah kita melakukan komunikasi secara online, maka desain rumahnya tersaji seperti gambar diatas. Semoga hal ini bisa membantu kita semua membuka wawasan baru.

Senin, 27 Desember 2010

tips membuat denah rumah

Tata letak dalam sebuah bangunan atau lazimnya disebut denah merupakan gambar yang utama dalam rancang bangun dan desain perumahan. Fungsi, dimensi serta komposisi sebuah ruangan dalam suatu desain adalah hal dasar yang dilakukan dalam tahapan preliminary design. Pada tahapan inilah keinginan pemilik rumah dengan imajinasi desainer bertemu, berkolaborasi membentuk model bangunan yang terbaik. Komunikasi dua arah menjadi sangat penting untuk dilakukan agar tidak terjadi gap informasi atau misinterpretasi diantara kedua belah pihak. Pada kenyataanya, arsitek ataupun desainer sering "memaksakan" kehendaknya agar klien menuruti semua ide kreatif, atau rancangan yang telah dibuatnya. Dilain pihak, Owner atau pemilik lebih banyak komplain setelah bangunan rumah sudah dalam tahapan pelaksanaan. Karena ruanganya sempitlah, tidak cocokah, dan berbagai macam alasan lainya. Ini tentu akan menyulitkan pihak kontraktor pelaksana pembangunan rumah tersebut.

Ada beberapa tips yang bisa dipakai untuk pemilik rumah yang akan membuat rancangan denah
1. Buatlah daftar kebutuhan ruangan yang diperlukan. Misalnya, berapa jumlah kamar tidur, kamar mandi, dapur, maupun ukuranya jika diperlukan.
2. Buatlah komposisi sederhana yang anda inginkan di rumah anda. Misalnya, di depan ada kamar tidur tamu dan kamar mandi, dapur dibelakang dijadikan satu dengan ruang makan, atau ada taman dibelakang, dan sebagainya.
3. Buatlah daftar penghuni atau rencana jumlah orang yang menempatinya.
4. Jangan meniru denah rumah orang lain, atau lihat di brosur promosi perumahan karena setiap rumah itu unik, tergantung dari pemiliknya. Strata sosial, budaya, kondisi ekonomi, jumlah anggota keluarga tentunya berbeda satu sama lainya.


5. Jadikan desainer, arsitek atau konsultan sebagai partner anda. Komunikasi dua arah harus bisa terjalin dengan baik. Jika anda merasa diawal tidak komunikatif, sebainya anda mencari saja desainer lainya.

Rumah adalah investasi masa depan. Jangan pernah salah dalam merencanakan. Satu kesalahan di awal, ratusan bahkan jutaan biaya yang dikeluarkan untuk perbaikan.
Jadi selamat membuat denah.

Salam,
Desk Indonesia

Rabu, 06 Oktober 2010

DESAIN RUMAH ONLINE?

Model rumah minimalis saat ini banyak digandrungi masyarakat. Aneka ragam desain bertebaran di internet. Tentunya amat membantu orang yang bukan arsitek ataupun desainer bangunan dalam perencanaan rumah. Bahkan kini ada desain rumah online. Tidak perlu repot-repot pergi, cukup di depan komputer menggunakan website dan email saja. Banyak sekali iklan - iklan desain rumah dengan model ini seiring dengan perkembangan pengguna internet di Indonesia yang konon mencapai 5 juta pertahun pertumbuhanya.

Tahukah anda apakah desain online itu? bagaimana cara kerjanya? bagaimana hasilnya? Apakah bisa diaplikasikan di lapangan? Beberapa informasi ini mungkin bisa anda gunakan sebagai acuan sebelum anda memilihnya.

Desain online secara harafiah diartikan sebagai merancang sesuatu dengan cara berkomunikasi dalam dunia maya. Merancang sesuatu selalu berhubungan dengan sketsa atau gambar. Demikian juga dengan desain rumah. Gambar yang akan direncanakan, terlebih dahulu harus memiliki konsep yang jelas. Seorang desainer akan bertanya atau paling tidak menggali informasi dari kliennya - pemilik rumah- dalam menentukan model dan ukuran rancanganya. Proses komunikasi antara desainer dan pemilik rumah inilah yang dilakukan dengan media internet.

Ada segi positif dan tentu saja ada segi negatifnya dalam proses desain seperti ini. Dari ssisi waktu, cara ini sangat efektif bagi pegawai, karyawan atau pekerja yang sibuk sehingga tidak punya banyak waktu untuk bertatap muka dengan desainer. Disamping itu juga lebih praktis. Apabila jarak antara pemilik rumah dengan desainer sangat jauh, di lain kota misalnya, tentu hal ini menjadi solusi terbaik.Proses komuniksai bisa di lakukan dengan media e-mail atau jejaring sosial yang sudah menjadi kebiasaan bagi kita semua.

Namun ada juga dampak negatif yang ditimbulkan. Keterbatasan email atau bahasa tulis menyebabkan antara kedua orang tersebut tidak bisa langsung bertatap muka. Tentu saja faktor kepercayaan menjadi sangat penting bagi pemilik rumah. Bagi beberapa orang yang tidak mudah percaya pada orang yang baru dikenal, tentunya akan sangat sulit dilakukan. Kedua, tentunya kita tidak bisa memastikan domisili atau lokasi yang jelas, background maupun kapasitas desainer yang akan kita pilih sebelum bertemu langsung.

Selain komunikasi yang baik, presisi sangat penting dalam dunia desain. Hal ini hanya bisa didapat apabila sang desainer datang ke lokasi dan melakukan pengukuran. Tentu saja dengan ini akan menjamin bahwa gambar yang dihasilkan benar-benar bisa dilaksanakan. Dari berbagai pengalaman di proyek, penulis sering menemui gambar yang tidak sesuai dengan ukuran di lokasi, bahkan sulit dilaksanakan. Walaupun memnag tidak ada desain yang sempurna. Namun dengan survey di lokasi, kemungkinan kesalahan ini bisa diminimalisasi.

Hasil desain online tentunya sama saja dengan desain langsung. Yang paling penting adalah anda sebagai pemilik rumah merasa puas dengan hasil desain tersebut. Kualitas desain ini sangat dipengaruhi oleh kapasitas dan pengalaman desainer, dan juga intensitas berkomunikasi dengan pihak pemilik.

Dalam desain online, biasanya anda diharuskan mentransfer sejumlah uang sebagai down payment (DP) atau tanda jadi. Besaran DP tergantung dari ketentuan tiap desainer. Kisaranya antara 20%-30%. Kemudian anda diharuskan mengisi form yang sudah disediakan pada situs desainer. Isian inilah yang akan menjadi acuan dasar bagi pihak desainer dalam menentukan rancanganya. Pada tahap pertama setelah anda membayar DP, maka anda akan memperoleh gambar denah dan tampak depan. Apabila desain awal ini masih belum sesuai dengan pemilik, maka desainer akan membuat revisi 1 atau 2 kali.

Tahap kedua, dilajutkan dengan gambar detail. Sebelumnya anda biasanya harus melakukan pembayaran lagi kepada desainer 30-40%. Pada tahap ini akan dibuat gambar potongan, rencana pondasi, rencana atap, rencana lantai dan detail-detail lainya.

Tahap ketiga adalah estimasi biaya atau rencana anggaran biaya (RAB ) rumah. Setelah semua gambar sudah disetujui oleh pemilik, maka desainer akan membuat RAB sesuai dengan gambar rencana. Sebelum tahap ini dilanjutkan biasanya pembayaran ketiga juga harus dilakukan. Kisarannya antara 20-30% dari total biaya desain.


Nah semua sekarang terserah Anda. Setiap hal akan mempunyai kelebihan maupun kekuranganya.

Selamat membangun Rumah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar